Business Plan

Sebelum anda membaca, perlu diperhatikan bahwa tulisan ini hanya untuk memenuhi tugas kelompok dari mata kuliah kewirausahaan. Semua hanyalah fiktif belaka, jika ada kesamaan nama, tempat, dll, saya mewakili teman-teman kelompok, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih…”

RENCANA BISNIS

PRICE_LESS RESTAURANT

Disusun oleh:
Agustinus Purwoko (20204052)
Johnny Jerry (21204177)
Sarah Destiyani (20204910)
Vega Herviananda (21204047)
Waskitho Mowo Prabowo (21204069)
Yogi Dwi Hartantyo (21204105)

4 EB 01

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI – AKUNTANSI
2008

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Sering anda melihat di pinggir jalan banyak dijajakan makanan-makanan yang menggoda selera seperti nasi uduk, ayam goreng, ayam bakar, bebek goreng, bebek bakar, pecel lele, pecel ayam, soto ayam, soto daging sapi dan masih banyak lagi makanan khas kaki lima yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Walaupun dengan suasana yang kurang sehat dan kurang nyaman karena letaknya yang berada di pinggir jalan dengan suara bising dan polusi udara yang semakin hari semakin tidak terkendali, namun dapat dilihat kalau tempat tersebut tetap ramai didatangi oleh para pelanggan yang ingin mengisi perut mereka, tidak jarang pula beberapa eksekutif nampak tengah menikmati makanan yang terletak di pinggir jalan ini. Hal ini dikarenakan harga yang terjangkau dan juga rasa yang nikmat yang disuguhkan oleh para pedagang makanan tersebut.
Kami melihat bahwa ini adalah peluang usaha yang cukup potensial, untuk itu kami mencoba melakukan inovasi dengan mendirikan PRICE_LESS RESTAURANT. PRICE_LESS RESTAURANT adalah sebuah tempat makan yang menyajikan berbagai macam makanan yang biasanya dapat anda temukan di kaki lima seperti nasi uduk, ayam goreng, ayam bakar, bebek goreng, bebek bakar, pecel lele, pecel ayam, soto ayam, dan masih banyak lagi makanan khas kaki lima. Di PRICE_LESS RESTAURANT kami sajikan makanan dengan citarasa yang tinggi, proses memasak hingga penyajian yang higienis dan tempat yang nyaman tetapi tetap dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan. Karena motto dari restoran kami adalah “ Kaki lima = Bintang Lima, Pasti PRICE_LESS ”. Restoran ini ditargetkan untuk konsumen segala usia dan semua kalangan yang berada di Depok dan sekitarnya.
Walaupun restoran dan warung-warung yang menyediakan makanan sejenis cukup banyak di kota depok, tetapi orang / masyarakat semakin sadar akan pentingya mengkonsumsi makanan yang sehat dan tempat yang bebas dari polusi udara terlebih lagi pertumbuhan masyarakat di kota Depok cukup besar. Kami optimis bahwa PRICE_LESS RESTAURANT akan menjadi restoran yang memiliki peminat yang cukup tinggi.

1.2 Visi dan Misi PRICE_LESS RESTAURANT

Visi dan Misi dari PRICE_LESS RESTAURANT adalah sebagai berikut :
VISI : Membuat Makanan Kaki Lima Menjadi Makanan
yang Berkelas.
MISI : 1. Menyediakan tempat makan makanan kaki lima
dengan suasana yang nyaman.
2. Menyajikan makanan kaki lima dengan penyajian
yang lebih menarik.
3. Memberikan harga yang tetap terjangkau oleh
semua kalangan.

1.3 Produk dari PRICE_LESS RESTAURANT

PRICE_LESS RESTAURANT merupakan satu usaha / bisnis yang bergerak dibidang makanan, produk makanan tersebut akan diklasifikasikan menjadi beberapa kategori yaitu makanan utama, makanan kecil dan minuman. Untuk rincian dari kategori-kategori tersebut,lebih jelasnya akan dijelaskan di rincian produk pada Marketing Mix.

1.4 Lokasi dan Fasilitas Umum

Kami memilih kota Depok sebagai tempat untuk mengembangkan usaha kami karena pertumbuhan masyarakat di kota Depok yang diikuti dengan pembangunan di segala sektor dengan dibangunnya gedung-gedung perkantoran, mal-mal dan makin banyaknya universitas-universitas swasta di kota Depok Sehingga kota Depok menjadi sebuah kota urban dengan jumlah penduduk dan pendatang yang semakin tahun semakin meningkat. Atas dasar alasan di atas kami memilih mendirikan PRICE_LESS RESTAURANT di Jalan Margonda Raya No.191 sebelah Mal Depok Town Square.
Restoran kami memiliki tempat yang luas dengan 25 meja tamu untuk ukuran keluarga, Meeting room berkapasitas 15 orang yang dilengkapi dengan in focus dan layar proyektor and 2 VIP Room yang ingin acara makan lebih pribadi , Lapangan parkir yang dapat menampung 15 mobil, 4 toilet dan 4 washtafel, mushola. Disamping itu PRICE_LESS RESTAURANT juga menyediakan free Hot Spot untuk para eksekutif dan mahasiswa yang memang membutuhkan kecepatan untuk komunikasi di dunia maya.

1.3 Stuktur Organisasi

Di PRICE_LESS RESTAURANT memiliki 3 tingkatan struktur organisasi. Restoran ini dikepalai secara langsung oleh pemilik yang membawahi Manajer Operasional yang menjalankan keseharian perusahaan. Di bawah Manajer Operasional terdapat pegawai restoran yaitu bagian administrasi, koki, waitress, cashier dan security. Job description dari masing-masing bidang adalah sebagai berikut :
a. Director
Pemilik usaha merupakan director dari PRICE_LESS RESTAURANT yang mengawasi jalannya keseluruhan perusahaan. Pemilik berhak untuk mengangkat dan memberhentikan manajer operasional maupun karyawan lainnya. Disamping itu juga bersama manajer operasional untuk membuat strategi pemasaran untuk PRICE_LESS RESTAURANT.

b. Executive Manajer
Executive Manajer bertanggung jawab untuk menjalankan kegiatan operasional sehari-hari. Executive Manajer juga merangkap sebagai fungsi-fungsi manajemen lainnya yaitu sebagai fungsi finance, marketing, sumber daya manusia, operasi dan umum. Untuk dapat mengisi posisi ini orang tersebut harus berpendidikan minimal S1 di badang manajemen, memiliki pengalaman sebagai manajer pada restoran minimal 3 tahun.

c. Karyawan
1) Bagian Administrasi
Administrasi bertugas untuk membuat pembukuan tentang kegiatan operasional PRICE_LESS RESTAURANT.
2) Koki ( Chef )
Koki bertugas memasak makanan yang akan disediakan restoran bagi konsumen dan menjaga kualitas standar rasa makanan yang tinggi.
3) Pelayan Restoran ( waiter )
Berkewajiban untuk melayani pelanggan dengan baik, bersikap sopan dan mengantarkan pesanan makanan dengan tepat waktu.
4) Kasir ( Cashier )
Melayani pembayaran pelanggan dan melakukan mencatatan mengenai pemasukan perusahaan dari restoran.
5) Satpam ( Security )
Menjaga keamanan dan melindungi konsumen, serta properti restoran dari gangguan keamanan dan tindak kejahatan.

1.1 Rancangan bagan Organisasi PRICE_LESS RESTAURANT.

1.2 Tabel Jabatan dan jumlah karyawan

Jabatan
Jumlah Orang
Director ( Pemilik ) 5
Executive Manajer 2
Administrasi 2
Koki 4
Waiter 10
Cashier 2
Security 4
Jumlah 29

BAB II
ASPEK PEMASARAN

2.1 Target Pasar

Kota Depok merupakan lokasi yang strategis karena di kota yang sedang berkembang ini banyak gedung-gedung perkantoran, mal-mal dan universitas-universitas negeri dan swasta yang cukup besar tertunya dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak. Di sisi lain, kota Depok merupakan kota hunian alternatif karena tingkat hunian di Jakarta yang semakin padat dan semakin mahal.
Dari uraian di atas kami menargetkan bahwa target pasar dari PRICE_LESS RESTAURANT adalah untuk semua kalangan yang berada di daerah Depok dan sekitarnya. Target konsumen yang ingin dituju adalah semua jenis usia dan semua kalangan dari anak kecil sampai orang tua dan dari pelajar, mahasiswa, karyawan, dan untuk anggota keluarga yang ingin menikmati sajian makanan yang sehat, higienis dan tempat yang nyaman tentunya dengan harga yang tetap terjangkau untuk semua kalangan.

2.2 Segmentasi Pasar

Menurut segmentasi, konsumen kami dibagi ke dalam dua kategori, yaitu :
1. Menurut golongan ekonomi
2. Menurut usia
Segmentasi menurut golongan ekonomi terdiri dari : kalangan ekonomi atas (A), menengah atas (B), kalangan ekonomi menengah (C), kalangan ekonomi menengah ke bawah (D) dan kalangan ekonomi bawah (E).
Sedangkan segmentasi menurut usia terdiri dari : anak-anak ( usia 5 s/d 10 tahun ), remaja (usia 11 s/d 18 tahun), dewasa (usia 18 tahun ke atas).
Target pasar dari PRICE_LESS RESTAURANT adalah kalangan menengah bawah ke atas, segala usia yang berdomisili di daerah margonda Depok dan sekitarnya.

2.3 Positioning

Kami memposisikan PRICE_LESS RESTAURANT sebagai restoran yang terjangkau bagi semua kalangan ekonomi, untuk itu restoran ini menggunakan tagline “kaki lima = bintang lima, Price_Less aja…” sebagai perwujudan dari positioning ini.

2.4 Marketing Mix
1. Produk
Restoran ini diberi nama PRICE_LESS RESTAURANT karena menyajikan makanan kaki lima ditepat yang nyaman dan higienis tetapi tetap dengan harga yang terjangkau untuk semua kalangan.
PRICE_LESS RESTAURANT menyediakan makanan yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu makanan utama, makanan kecil dan minuman. Berikut ini merupakan rincian dari kategori-kategori di atas :
A. Makanan utama terdiri dari :
a) Nasi uduk
b) Nasi Bakar
c) Ayam Goreng Tulang Lunak
d) Ayam Goreng Kremes
e) Ayam Goreng Mentega
f) Ayam Bakar
g) Soto Ayam
h) Soto Daging Sapi
B. Makanan Kecil terdiri dari :
a) Siomay dan batagor
b) Risoles dengan bermacam-macam isi.
c) Lumpia basah dan goreng.
d) Tempe mendoan.
e) Pisang Bakar.
f) Pisang susu coklat.
g) Roti bakar.
C. Minuman terdiri dari :
a) Es teh manis
b) Es jeruk
c) Es campur
d) Es kelapa Muda
e) Es teler
f) Aneka jus buah
g) Aneka rasa milkshake

2. Harga
Harga makanan di PRICE_LESS RESTAURANT kami sesuaikan agar semua kalangan dapat menjadi konsumen kami. Harga yang dikenakan untuk makanan besar berkisar dari Rp 5.000 sampai dengan Rp 15.000 per menu, untuk makanan kecil berkisar dari Rp 1.500 sampai dengan Rp 10.000 per menu sedangkan untuk minuman berkisar dari Rp 2000 sampai dengan Rp 5.000 per menu.

3. Lokasi
PRICE_LESS RESTAURANT berlokasi di Jalan Margonda Raya No.191 Depok. Luas lahan kurang lebih 300 m² dengan luas bangunan kurang lebih 150 m². Tanah dan bangunan tersebut berstatus menyewa selama 5 tahun.
Rencana lokasi usaha PRICE_LESS RESTAURANT ini dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan, antara lain :
1. Lokasi yang strategis karena terletak di Jalan Raya Margonda yang merupakan jalan akses utama kota Depok dan letaknya yang dekat dengan Depok Town Square, Margo City, Universitas Indonesia dan Universitas Gunadarma.
2. Bentuk bangunan dan luas tempat yang sesuai dengan kebutuhan serta memiliki tempat parkir yang luas.
3. Jumlah penduduk di kota Depok yang meningkat setiap tahunnya yang dicerminkan oleh pesatnya pembangunan properti.

4. Promosi
Kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan PRICE_LESS RESTAURANT kepada masyarakat adalah dengan cara promosi, antara lain (1) membuat iklan dan advertorial PRICE_LESS RESTAURANT di majalah-majalah dan surat kabar yang diterbitkan di kota Depok dan sekitarnya, (2) Membagikan flyer yang berisi info tentang PRICE_LESS RESTAURANT, (3) memasang spanduk di sepanjang jalan raya Margonda dan (4) Melalui e-commerse website dari PRICE_LESS RESTAURANT.

5. Tenaga Kerja
Jumlah tenaga kerja yang bekerja di PRICE_LESS RESTAURANT berjumlah 29 orang 5 di antaranya adalah pemilik dari PRICE_LESS RESTAURANT . Tenaga kerja yang bekerja di PRICE_LESS RESTAURANT harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap konsumen, serta memegang teguh prinsip “konsumen adalah raja” disamping itu harus bersikap sopan dan ramah. Sifat ini terutama dibutuhkan oleh karyawan yang berhadapan langsung dengan konsumen, seperti pelayan dan kasir.

6. Physical Evidence
Desain interior PRICE_LESS RESTAURANT akan dibuat agar menampilkan kesan healty, fresh dan delicious. Selain itu, nuansa yang ditampilkan dari interior, serta alat-alat makan yang digunakan juga dibuat agar menampilan nuansa nyaman dan membangkitkan selera makan.

One response to “Business Plan

  1. Woww, keren juga nich sbg panduan tuk mulai usaha.
    Kira-kira Business Plan itu ada lanjutannya s/d rincian anggaran biaya gk yach???
    Makasih lho…

Leave a comment